Laris Manis Bisnis Kopi Rumahan Selama Pandemi

Laris Manis Bisnis Kopi Rumahan Selama Pandemi

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah lokasi kedai kopi. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan kantor, kampus, sekolah, atau space pemukiman. Hindari lokasi yang sulit ditemukan dan jarang dilalui orang karena dapat membuat produk kopi Anda susah dipasarkan. Sementara bisnis kopi kekinian dengan kedai kecil berkonsep grab and gomasih tetap diminati asalkan melakukan penyesuaian, mendiversifikasi produk dan memperhatikan isu kesehatan. Hal ini mengakibatkan pemilik kedai kopi menanggung biaya operasional yang tinggi.

Namun memang ada taste tertentu dari setiap jenis kopi, tambah Adi, yang membuat antara kopi satu dengan kopi yang lain memiliki peringkat yang berbeda. Berbeda dengan Tanti, usaha milik Bob dan Marita justru berani dengan konsep baru. Di awal tahun 2020, bisnis Totofore Coffee yang baru satu bulan pindah di daerah Bintaro ditimpa pandemi dan kebijakan PSBB, yang membuat tokonya tutup sementara. Barulah pada bulan September tokonya kembali dibuka dengan konsep outside. “Baru Januari pindah ternyata ada Covid-19 jadi kita gak bisa buka kafenya itu.

Inisiator Warkop Digital Dedi Yudianto menjelaskan, saat ini dunia usaha sedang berupaya memulihkan keadaan. Tak cuma itu, dengan pendanaan terbaru, Kopi Kenangan berniat memperluas jangkauan bisnis ke pasar Malaysia, Filipina, dan Thailand; setelah pandemi berakhir. Perusahaan itu juga berniat membukacloud kitchen, toko tanpa staf, dan kios penjual otomatis.

Bisnis Kopi

Cara ini akan lebih efisien dalam memberikan investasi dana untuk memulai usaha kopi, karena pelaku usaha tidak perlu membeli mesin pemanggang kopi yang harganya relatif mahal. Pengolahan kopi yang dapat dilakukan meliputi proses pembelian bahan berupa biji kopi hijau, diolah melalui tahapan penyangraian hingga menjadi bubuk kopi, kemudian dijual. Usaha ini dapat dilakukan sebagai bisnis individu dengan menggunakan peralatan atau mesin mereka sendiri. Dulu, kedai kopi identik dengan warung yang kurang nyaman, suasana tidak menarik dan monoton. Tak aneh bila masyarakat merasa nyaman menghabiskan banyak waktu bersama kerabat di kedai kopi atau kafe. Mulai dari rasa favorit masyarakat, desain packaging, harga, bahkan sampai desain interior coffee store.

Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis kopi yang menjadi orang sukses dengan omzet penjualan yang tinggi. Di program ini, peserta akan mendapatkan pemaparan mengenai kondisi industri kopi Indonesia, profesi pengusaha kopi, dan cara memulai bisnis kopi termasuk perencanaan dan hitungan keuangan dasar. Peserta juga akan mengenal teknis penggunaan enterprise mannequin canvas ​ dalam perencanaan bisnis dan cara menghitung break even point​ . Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan bisa membuka usaha kopi mereka sendiri. Keterampilan program ini juga bisa membantu peserta mendapat peluang pekerjaan di manajemen kedai kopi. Usaha ini membutuhkan mesin kopi yang digunakan untuk proses pembuatan kopi dengan cara mudah dan lebih praktis.

Bagi pebisnis sendiri, ini bisa menjadi arena mengais rupiah yang lumayan menguntungkan. Bukan tidak mungkin, puluhan juta bisa didapatkan hanya dalam waktu sehari saja. Dalam satu rangkaian Wardah Crystallure terdapat tujuh produk perawatan kulit wajah yang berbeda. Dengan karateristik dan keunggulan Olivoila, memang sangat baik menjadi salah satu produk untuk wholesome way of life atau gaya hidup sehat.

Bisnis kopi kekinian tengah menjamur dengan modal mulai dari Rp5 juta-Rp250 juta memiliki omzet miliaran rupiah. Generasi millennial saat ini sangat menyukai “Nongkrong Produktif”. Jadi, mereka mencari tempat nongkrong yang asik, kekinian dan yang pastinya instagramble.

Pria asal Tangerang ini mengaku mengeluarkan modal sebesar Rp15 juta untuk memulai bisnis kedai kopinya yang bertajuk Kedai Seruput. Besaran modal untuk bisnis kopi sendiri berbeda-beda, tergantung konsep bisnis dan goal konsumennya. Jika dilihat lebih lanjut, bisnis kopi yang kian berkembang ini sebenarnya tidak hanya menyajikan minuman kopi sebagai produk, tetapi juga suasana kebersamaan.

Hal ini ikut mengubah kebiasaan orang menikmati kopi di kedai atau kafe, sehingga bisnis hilir terpukul. Perizinan usaha atau bisnis sangat penting untuk memastikan kelegalan bisnis yang anda jalankan. Selain itu, dengan perizinan, maka anda akan semakin mudah dalam menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis kopi tersebut. Begitu pula, jangan membuka usaha kopi kecil-kecilan di pusat kota semarang.

Beberapa figur publik terjun ke bisnis kue tersebut dan menjadikan dirinya sebagai model ambassador. Tapi sekarang, antusias masyarakat mulai menurun dengan kue artis ini dan akhirnya beberapa figur publik mencoba bisnis lain. Lebih lanjut, Richard mengataka bahwa pemaksimalan bisnis ketika berjalan juga harus tergantung pada pasar.

Comments are closed.